Search

Friday, February 15, 2013

[TIPS] Menjelang UAN/UU/UAS


Menjelang ulangan, biasanya pada stress dan suka lupa metode menghafal yang lazim. Beberapa tips untuk mengjelang ulangan ini mungkin bisa membantu inspirasi dalam belajar :D



1. Jangan begadang
Sudah pasti, belajar + begadang itu malah sebenarnya gak efektif dan umumnya emang tidak efektif. Penulis pernah mencobanya tetapi emang gak bisa dan juga malah ngantuk di sekolah.
Bagaimana jadinya? Tuker ngafalin jadi subuh! Tapi harus mengorbankan jam sore hari yaitu tidur lebih awal agar bisa bangun subuh terus belajar pagi hari. Ini juga termasuk program menjaga kesehatan tubuh.

2. Belajar tanpa musik
Ini emang agak kontra dan saya pun sering belajar sambil mendengarkan lagu (instrumental). Beberapa orang emang ada yang bisa ngafalin sambil mendengarkan lagu tapi bagi saya kalo lagu itu berlirik, gak bisa masuk otak karena apa yang kita baca tertimpa oleh lirik lagu. Kalo lagu instrumental saya masih bisa dan cocok. Tetapi saran saya sebaiknya tanpa apa-apa.

3. Bongkar Soal
Selama belajar, bongkar-bongkar soal dari tahun lalu atau soal-soal sebelumnya lalu analisa. Memang ini terlihat lama dan membosankan tapi dengan membongkar-bongkar dan analisa soal, yakin pasti ulangan berikutnya bisa karena soal-soal tersebut diambil dari bab yang identik.

4. Jangan sambil tiduran / belajar terpotong-potong
Menghafal sambil tiduran tidak efektif, secara tidak langsung otak kita udah terbawa ama suasana tempat tidur dari pada suasana buku. Terpotong-potong maksudnya sebentar-bentar baca lalu aktifitas lain. Tidak efektif sama sekali malahan jadi kosong alias gak ada yang masuk ke otak.

5. Membaca sambil makan
Bagi sebagian orang (termasuk saya), kalau membaca sesuatu sambil makan, biasanya awet sampai berminggu-minggu. Yang cocok itu biasanya makan makanan yang disukai + pelajaran yang disukai = masuk otak. Cuman hati-hati gejala kegemukan :D

6. Jangan menghafal di jam-jam menjelang ulangan
Ini pengalaman saya biasanya 1 jam sebelum ulangan jangan pegang buku. Kenapa? Biasanya orang panik gara-gara ada 1 poin yang was-was gak hafal tapi sebenarnya gak hafal. Jadinya baca buku sedangkan suasana juga ramai ditambah waktu yang berjalan terus. Belom lagi suka lewat di otak hal-hal negatif seperti soal susah dan sebagainya atau poin yang lagi dibaca itu bakal keluar. Alhasil semuanya lupa. Hal yang paling benar adalah menghafal di rumah dengan kondisi tenang. Menjelang ulangan boleh juga tapi baca-baca ringan dan jangan memikirkan soal terlebih dahulu.

7. Fokus ke ulangan
Karena sekarang eranya internet, biasanya sebelum ulangan pada nge'tweet'. Alhasil keasikan tweet lalu sebagian memori hilang di otak. Tapi ada beberapa yang gak hilang dan ini tergantung muridnya.

Intinya, menjelang ulangan itu harus tenang, anggap saja ulangan harian karena kamu sudah sering ketemu dengan soal yang poinnya dari situ-situ juga. Yang bikin takut adalah pikiran yang tidak-tidak yang biasanya muncul sebelum ulangan.


No comments:

Post a Comment