Search

Friday, February 15, 2013

[TIPS] Pada saat UAN/UU/UAS




Hal pertama kalau sebelum ulangan itu pasti mendapat lembar jawaban komputer / LJK lalu kita langsung mengisi identitas kita dan sebagainya. Sebelum mengerjakan saja kita sudah grogi pasti nah ada baiknya beberapa tips berikut dari pengalaman penulis sendiri:



1. Jangan membulatkan penuh kolom identitas
Maksudnya disini adalah jangan membulatkan penuh terlebih dahulu karena sering terjadi kesalahan. Apabila sudah membulatkannya lalu terjadi kesalahan maka harus menghapus dan membuat kertas terlihat agak kotor. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi kertas apakah kotor / terlipat.

2. Review identitas
Review ulang identitas yang udah ditandain misalnya dicocokan kembali. Tetap bersikap tenang.

3. Kerjakan di lembar soal terlebih dahulu
Usahakan untuk tidak mengerjakan langsung di LJK apalagi langsung membulatkan penuh. Waktu ulangan itu sangat panjang yaitu 120 menit / 2 jam. Jangan tergesa-gesa dan kerjakan sebisanya di lembar soal. Tandain jawaban yang belum pasti, jadi setelah selesai mengerjakan semua, bisa mengreview lagi soal yang belum pasti tersebut.

4. Kerjakan soal dari nomor terakhir
Bagi penulis, soal terakhir itu biasanya soal terakhir di pelajari jadi masih ingat di otak. Biasanya yang lupa-lupa itu soal-soal nomor di atas 20 di bawah 35. Sekali lagi, kerjakan dengan tenang.

5. Bulatkan jawaban dari nomor 1
Ini penting, bukan karena emang wajib dari nomor 1 tetapi ada hubungannya dengan lembar jawaban. telapak tangan kamu pada saat membulatkan biasanya basah (baik telapak kiri / kanan). Nah apabila mengerjakan dari 50 kalo kamu gak sengaja tangan kanan kamu bergesekan dengan lembar jawaban, maka bulatan pensil terebut yang tebal jadi keluar dari lingkarannya.

6. Usahakan posisi kertas berada di tengah meja
Beberapa murid saking asiknya mengerjakan hingga terlalu minggir kertasnya lalu tertekan dengan tangan sehingga ujung kertas menjadi terlipat. Ini sih berlaku di sekolah saya yang gak boleh pake alas :)

Mungkin belum lengkap tetapi biasanya saya seperti ini. Masing-masing punya gaya sendiri dalam mengerjakan soalnya. Nanti saya akan bahas mengenai menjelas dan lain-lain.




No comments:

Post a Comment